Home » , , » Merokok Dapat Menyebabkan Kanker Di Tubuh Orang Lain

Merokok Dapat Menyebabkan Kanker Di Tubuh Orang Lain

Ditulis Oleh Trader Miskin Pada Monday, March 17, 2014 | 6:11 PM

bahaya rokok di tubuh penghisap
Add caption
Sisa-sisa bau asap rokok yang mengganggu dapat kita cium menempel pada dinding, furniture dan media lainnya ternyata memberikan ancaman yang cukup serius dan dampaknya pada kesehatan kita. Anak-anak cenderung mendapatkan resiko besar dari sisa asap rokok yang menempel pada mainan kesukaan mereka.
Sebuah riset dikhususkan pada penelitian tentang asap rokok ini oleh para ilmuwan dari Universitas California A S. Mereka menemukan senyawa kimia baru yang terbentuk apabila seseorang merokok dalam sebuah ruangan, terlebih puntung rokok ditempatkan didalamnya, hasil riset menjelaskan bahwa kemungkinan terburuk dari senyawa ini adalah terjadinya kerusakan DNA dan sangat berpotensi menyebabkan kanker.

Hasil riset ini merupakan salah satu presentasi dari ribuan presentasi pada pertemuan ke 24 para ahli kimia tingkat nasional Dallas AS (24th National Meeting & Exposition of The American Chemical Society (ACS)).

Sebenarnya hasil riset ini dipresentasikan pertama kali oleh Bo Hang Ph.D ilmuwan dari Lawrence Berkeley National Laboratory (LBNL) tahun 2009 pada pertemuan sebelumnya, kali ini dia menegaskan dengan bukti yang cukup kuat bahwa senyawa ini sangat mengancam kesehatan manusia.

Penelitian lainnya yang dipimpin oleh Hugo Destaillats dari LBNL juga menemukan bahwa kurang lebih 4000 senyawa kimia yang bereaksi dengan udara justeru terhisap oleh orang yang tidak merokok. Disisi lainnya senyawa ini juga bereaksi dengan berbagai jenis polutan lainnya seperti ozon dan asam nitrat, sehingga terbentuk lagi senyawa yang baru dan beberapa diantaranya bersifat karsinogenik. Senyawa ini disingkat dengan NNA, Hang menjelaskan bahwa pada senyawa ini terdapat sebuah nitrosamine khusus pada tembakau yang terikat pada DNA untuk membentuk sebuah gabungan senyawa penyebab kanker dan mutasi genetik.

NNA dapat menhancurkan DNA manuysia secepat senyawa lain yaitu NNK yang merupakan produk sampingan dari nikotin dan karsinogen. Kemungkinan besar kerusakan DNA yang terjadi adalah pertumbuhan sel yang tidak terkendali dan pembentukan tumor kanker.

Risiko kesehatan terbesar mengarah pada bayi dan balita , katanya. Ketika mereka merangkak kemudian menaruh tangannya pada mainan dan menempelkan di mulut mereka, tanpa disadari oleh kita mereka telah menelan atau menghirup senyawa berbahaya akibat asap rokok.

Solusi yang terbaik untuk kita adalah jangan sampai ruangan dirumah kita dimasuki oleh perokok, bersihkan gorden, furniture dan benda lainnya yang menurut anda terkena atau berbau asap rokok secara berkala.

sumber:American Chemical Society (ACS)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Papaya | Sains Teknologi | Back To Nature
Copyright © 2014. Menambah Wawasan Sains Kesehatan Dan Lingkungan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger