Home » » Inilah Jadwal Kerja Organ Tubuh Anda

Inilah Jadwal Kerja Organ Tubuh Anda

Ditulis Oleh Trader Miskin Pada Friday, March 28, 2014 | 6:27 PM

Inilah Jadwal Kerja Organ Tubuh Anda - sainskesehatan.blogspot.com

Tidak sedikit orang yang bekerja pada malam hari, sehingga menuntut mereka begadang tiap malam. Namun tahukah anda, sebenarnya organ-organ tubuh kita pada umumnya mempunyai manajemen waktu yang teratur pada sistem kerjanya?
Tidak berbeda jauh dengan waktu kita bekerja, organ-organ tubuh kita memiliki jadwal piketnya masing-masing. Untuk lebih memahami apa yang terjadi pada organ tubuh kita jam demi jam, sebagai ringkasannya, berikut saya jelaskan:
LAMBUNG  Pada Jam 07.00 – 09.00 Pagi hari
Pada waktu-waktu ini, organ pencernaan yaitu lambung, berada dalam kondisi yang kuat, sarapan pagi pada jam-jam ini sangat dianjurkan karena pembentukan energi berada dalam status maksimal.
LIMPA Pada Jam 09.00 – 11.00 Menjelang Siang hari
Limpa pada jam-jam ini, berada dalam kondisi baik, sehingga tugasnya dalam mentransportasikan cairan nutrisi untuk energi pertumbuhan dalama keadaan maksimal. Lain halnya bila orang yang sering begadang atau mempunyai penyakit Anemia (kekurang darah), pada jam-jam ini mereka sering sekali menguap dan mengantuk. Kondisi seperti ini menandakan fungsi kerja organ limpa dalam keadaan lemah. Mengurangi konsumsi gula berlebihan, lemak, minyak dan protein hewani dapat menjadi solusi untuk masalah ini. Jadi seimbangkanlah gizi untuk keteraturan kerja organ ini.
JANTUNG Pada Jam 11.00 – 13.00 Siang hari
Tidak heran, mengapa kita harus beristirahat dari pekerjaan kita pada jam-jam ini, karena Organ Jantung kita berada dalam kondisi yang kuat, bermaksud supaya aliran darah ditubuh kita mengalir dengan normal dan wajar,. Jadi jangan sampai terganggu, maka dari itulah pada jam-jam ini kita harus beristirahat untuk beberapa menit saja. Adapun yang harus dihindari pada jam-jam ini adalah:
-    Jangan Emosi
-    Jangan dulu beraktifitas/bekerja yang berat-berat
Supaya kinerja Jantung kita dapat maksimal.
HATI  Pada Jam 13.00 – 15.00 Menjelang Sore
Pada Jam-jam ini, organ hati kita umunya berada dalam keadaan lemah, bila kita dapat beristirahat/tidur pada jam-jam ini, terjadi proses regenerasi sel-sel pada organ ini.
PARU–PARU Pada Jam 15.00 – 17.00 Sore Hari
Pada Jam-jam ini, organ paru-paru kita sedang bekerja membentuk energi serta membuang racun, jadi supaya proses ini tidak terganggu, ada baiknya kita beristirahat dengan minum the hangat bersama keluarga.
GINJAL Pada Jam 17.00 – 19.00 Malam Hari
Pada jam-jam ini, terjadi proses pembentukan sumsum tulang belakang, perbaikan sel saraf, serta fungsi ginjal itu sendiri. Hindari minuman terlalu manis, pada jam-jam ini, perbanyak minum air putih. Inilah kenapa Orang tua kita sering menyuruh kita belajar pada jam-jam ini.
LAMBUNG  Jam 19.00 – 21.00 Malam hari
Berbeda dengan waktu dipagi hari dimana lambung berada dalam kondisi yang kuat, maka pada jam-jam ini, Lambung kita justeru berada dalam kondisi yang lemah. Sebaiknya perbanyak minum air putih dan hindari memakan makanan yang pedas.
LIMPA  Jam 21.00 – 23.00 Menjelang Dini Hari
Istirahat/tidur pada jam-jam ini, sangat dianjurkan, sebab proses metabolisme serta regenerasi sel pada limpa dan proses pembuangan racun oleh organ limpa. Selain itu, pada jam ini, proses imunitas tubuh terjadi secara keseluruhan.
JANTUNG  Jam  23.00 – 01.00 Dini Hari
Hindarilah begadang, karena pada jam-jam ini, organ jantung kita dalam kondisi lemah, maka apabila kita terus beraktifitas malah justru aka membuat fungsi jantung kita menjadi semkin lemah, serta mempengaruhi kerja saraf secara keseluruhan sehingga daya ingat berkurang.
HATI  Jam 01.00 – 03.00 Menjelang Subuh
Terjadi proses pembuangan racun atau limbah hasil metabolism tubuh oleh organ hati. Bila Proses ini terganggu, kita dapat lihat sendiri terjadi gangguan pada mata kita dan muncul kotoran serta protein yang muncul di mata.
 PARU–PARU Jam  03.00 – 05.00 Subuh
Pada jam-jam ini, Paru-paru kita melakukan proses pembuangan racun dan melakukan peregangan pada otot-otot disekitarnya, Merokok pada jam-jam ini sangat berbahaya dan berpotensi terkena penyakit paru-paru basah.
USUS BESAR Jam  05.00 – 07.00 Pagi Hari
Organ ini melakukan tugas utamanya dalam proses pencernaan serta metabolisme, buang air pada waktu-waktu ini sangat disarankan.
Ringkasan diatas merupakan ringkasan saja, namun diwaktu kedepan, penulis masih akan menjeaskan secara terperinci bagaimana organ-organ lainnya bekerja. Melalui artikel ini, penulis berharap bis memberikan manfaat terutama untuk kesehatan kita semua, semakin kita disiplin pada tubuh kita sendiri, semakin sehat lancar dalam pekerjaaan.

Share this article :

Post a Comment

 
Support : Papaya | Sains Teknologi | Back To Nature
Copyright © 2014. Menambah Wawasan Sains Kesehatan Dan Lingkungan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger