Home » , , , » Anti Biotik Jenis Baru Ditemukan Untuk Membasmi Bakteri MRSA

Anti Biotik Jenis Baru Ditemukan Untuk Membasmi Bakteri MRSA

Ditulis Oleh Trader Miskin Pada Sunday, March 9, 2014 | 7:51 PM

penemuan antibiotik oleh prof. Mobashery dan Mayland Chang
Professor Mobashery ( kiri) dan Mayland Chang (kanan)
Antibiotik pertama kali ditemukan oleh sarjana Inggris Dr.Alexander Flemming yaitu antibiotik Penisilin pada tahun 1982 di London. Tetapi penemuan ini baru dikembangkan dan digunakan dalam riset terapi pada tahun 1941 oleh Dr. Florey. Antibiotik merupakan zat-zat yang dihasilkan oleh mikroba terutama fungi (jamur) dan bakteri tanah, yang dapat menghambat perkembangan atau membasmi mikroba jenis lain, sedangkan tingkat toksisitasnya(racun) terhadap manusia relatif kecil.

Baru-baru ini ditemukan antibiotik jenis terbaru oleh Tim Peneliti dari universitas Notre Dame Amerika Serikat yang dipimpin oleh Mayland Chang dan Prof. Shahriar Mobashery, mereka melaporkan dan mengklaim bahwa antibiotik kelas terbaru ini dapat membasmi bakteri MRSA atau methicillin-resistant Staphylococcus Aureus dan juga bakteri lainnya yang dapat mengancam kesehatan publik. Bakteri MRSA ini merupakan salah satu bakteri ganas yang dapat tumbuh dan berkembang dengan cepat pada jaringan tubuh manusia. MRSA merupakan salah satu tipe bakteri Staphylococcus yang ditemukan pada kulit dan hidung yang kebal terhadap antibiotik. Terdapat dua jenis MRSA yang dapat kita ketahui yaitu Healthcare-Associated (HA-MRSA) penyebaran bakteri jenis ini mudah ditemukan ditempat-tempat kesehatan seperti Rumah Sakit dan Klinik kemudian yang kedua adalah Community-Associated (CA-MRSA) penyebaran bakteri jenis ini dapat ditemukan di tempat-tempat umum seperti ruangan klub fitness, tempat penyimpanan barang/laci, sekolah dan perabotan rumah tangga.

MRSA hingga saat ini masih menjasi masalah kesehatan publik yang cukup serius karena daya tahan bakteri ini terhadap antibiotik yang ada pada saat ini.

Para Ilmuwan yang tergabung dalam Tim peneliti ini telah mempublikasikan hasil penemuannya melalui Journal of the American Chemical Society dengan artikel ilmiah yang berjudul  “Discovery of a New Class of Non beta lactam Inhibitors of Penicillin Binding Proteins with Gram Positive Antibacterial Activity.” Tim peneliti telah mencari solusi untuk membasmi MRSA selama bertahun-tahun

Kelas baru antibiotik ini dinamakan Oxadiazoles yang ditemukan dengan cara melakukan silico screening melalui media komputer dan memberikan hasil signifikan untuk pengobatan MRSA serta infeksi-infeksi lainnya. Para peneliti ini melakukan screening pada kurang lebih 1,2 jenis senyawa, namun ternyata hanya oxadiazoles yang yang memiliki ke-efektif-an dalam melakukan biosintesis pada dinding-dinding sel sehingga memungkinkan untuk membasmi MRSA dan Oxadiazole merupakan satu-satunya antibiotik yang dapat dikonsumsi secara oral yang akan segera dipasarkan.

Tim peneliti telah bekerja keras selama ini untuk mecari sedapat mungkin solusi MRSA " "Profesor Mobashery telah bekerja pada mekanisme resistensi MRSA ini untuk waktu yang sangat lama," kata Chang seperti dikutip pada halaman news.nd.edu. Dia juga menambahkan ""kami mengerti seperti apa mekanismenya, sehingga kami dapat merancang strategi pengembangan senyawa ini untuk membasmi MRSA".

Penemuan besar dibidang kesehatan ini tentu saja membuat Greg Crawfod dekan di Universitas Notre Dame ini bangga dan beliau juga mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas jasa Tim Riset ini. Harapan terbesar mereka tiada lain dapat menyelamatkan jutaan nyawa dari infeksi MRSA ini.
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Papaya | Sains Teknologi | Back To Nature
Copyright © 2014. Menambah Wawasan Sains Kesehatan Dan Lingkungan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger